December 24, 2021

Indra Dwiguna Pribadi, atau yang biasa dipanggil Indra bergabung dengan Filosofi Kopi pada tahun 2015. Dimulai sebagai salah satu orang yang membantu proses shooting film Filosofi Kopi, hingga akhirnya bergabung menjadi Barista di Filosofi Kopi Melawai. Rasa penasarannya yang tinggi membawanya menjadi Research and Development Filosofi Kopi.

Perjalanannya untuk menjadi Research and Development pun tidak mudah. Sempat ada rasa minder saat menjadi Barista dan memilih untuk bekerja di kitchen. Namun pada akhirnya Indra mulai kembali ke bar dan belajar kopi dari nol. Saat itu, ia belajar bersama Jack dan Tepeng. Tidak hanya dua rekannya, Muhammad Aga juga turut membantu Indra dalam membagi ilmu yang dimiliki.

Setelah bekerja beberapa waktu di balik bar Filosofi Kopi, Combi Filosofi Kopi hadir dan Indra mendapatkan tugas untuk membawa Combi tersebut berkeliling Indonesia. Pada saat itu, Indra menyajikan kopi kepada masyarakat setempat dari berbagai daerah di Indonesia. Hal tersebut menjadi hal yang menyenangkan karena dapat bertemu orang baru di tempat yang baru pula.

Setelah menjadi Barista dan membawa Combi berkeliling Indonesia, rasa penasarannya yang tidak pernah padam membuat dirinya dipercaya untuk menjadi Research and Development. Indra mengatakan bahwa setia dengan pekerjaan menjadi salah satu poin penting. Menurutnya, Barista memiliki jenjang karir, tergantung apakah ingin bekerja lebih keras untuk mendapatkan jenjang karir tersebut atau hanya ingin hidup di dalam zona nyaman.